Syarat dan Ketentuan


Selamat datang di APIkurir, platform pemesanan kurir berbasis digital terpercaya di Indonesia. Pada halaman ini, kami menampilkan syarat dan ketentuan (“T&C“) yang berlaku untuk penggunaan situs www.apikurir.com dan aplikasi APIkurir. Kami mengharapkan Anda untuk meluangkan waktu membaca T&C ini sebelum Anda melanjutkan untuk menggunakan platform kami.


Dengan mengakses dan menggunakan platform kami, serta memiliki akun di dalamnya, Anda secara hukum dianggap telah menyetujui dan terikat oleh T&C ini. Setiap perubahan yang kami lakukan pada T&C ini akan kami publikasikan di platform. Anda diharapkan untuk secara berkala memeriksa dan memahami perubahan-perubahan tersebut. Untuk kenyamanan Anda, kami menyarankan agar Anda mengunjungi halaman ini dan membaca T&C dari waktu ke waktu setiap kali Anda mengakses platform kami. Penggunaan platform setelah perubahan tersebut dipublikasikan akan dianggap sebagai persetujuan Anda terhadap T&C yang berlaku saat itu.


APIkurir berhak, tanpa pemberitahuan atau tanggung jawab kepada Anda, untuk menghentikan, membatasi, menghapus, menambah, atau mengubah berbagai aspek, akses ke konten, materi, atau bagian apa pun di dalam platform dan layanan kami, termasuk tetapi tidak terbatas pada: (i) pembatasan operasional dan ketersediaan platform dan layanan; (ii) pembatasan jumlah penggunaan yang diizinkan; dan (iii) pembatasan atau penghentian akses Anda terhadap platform dan/atau layanan. Anda setuju bahwa tindakan seperti penangguhan, pembatasan, atau penghentian akses Anda ke platform dan layanan dapat dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, Anda juga setuju bahwa APIkurir tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang timbul dari atau terkait dengan penangguhan, pembatasan, atau penghentian akses Anda atau penghapusan akun Anda di platform ini karena penggunaan platform dan layanan.


Proses pemesanan pengiriman dilakukan oleh pengguna dan akan dijalankan oleh pihak transporter. Pengguna dan transporter bertanggung jawab sepenuhnya atas pesanan pengiriman yang mereka lakukan melalui platform ini. Jika ada biaya tambahan (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya perpajakan) yang terkait dengan transaksi yang terjadi di platform, APIkurir sebagai penyedia platform online tidak akan bertanggung jawab atas pembayaran biaya tambahan tersebut, dan biaya tersebut menjadi tanggung jawab pihak-pihak yang terkait sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Apabila Anda tidak mematuhi T&C ini, APIkurir berhak untuk segera menghentikan atau menangguhkan akses Anda ke platform, layanan, dan/atau akun pengguna Anda (jika ada), tanpa perlu mengambil tindakan hukum apa pun, sebagai respons terhadap kerugian yang mungkin dialami oleh APIkurir akibat pelanggaran Anda.


  1. 1. Definisi dan Interpretasi


  1. 1.1.

    “T&C” berarti syarat dan ketentuan transaksi yang berlaku sebagai pedoman, aturan, dan peraturan utama yang mengatur penggunaan dan akses ke Platform dan/atau Layanan serta perubahan dari waktu ke waktu sebagaimana ditentukan oleh APIkurir yang mengikat dan harus ditaati oleh Pengguna dan APIkurir.

  2. 1.2.

    “Platform” berarti: (i) Versi web dan/atau mobile yang dibuat, dimiliki, dan dioperasikan oleh APIkurir dan saat ini ada di URL berikut: www.apikurir.com beserta perubahan URL-nya dari waktu ke waktu; (ii) Aplikasi seluler yang dibuat, dimiliki, dan dioperasikan oleh APIkurir, termasuk iOS dan Android dan perubahannya dari waktu ke waktu.

  3. 1.3.

    “Kami” “www.apikurir.com“, “APIkurir“ berarti PT Republik Azero Manajemen, sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum yang berspesialisasi dalam bisnis penyedia layanan kurir.

  4. 1.4.

    “Anda” berarti Pengguna Platform, baik yang sudah memiliki Akun atau belum memiliki Akun.

  5. 1.5.

    “Transporter” berarti kurir atau mitra Kami yang bertugas melakukan proses pengiriman paket atau barang.

  6. 1.6.

    “Pengirim” berarti pihak yang mengirim paket atau barang yang akan diterima oleh Penerima.

  7. 1.7.

    “Penerima” berarti pihak yang menerima paket atau barang yang dikirimkan oleh Pengirim.

  8. 1.8.

    “Invoice” berarti bukti Order Pengiriman, dimana Pelanggan diwajibkan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan Harga Jasa Pengiriman dalam waktu 3 x 24 jam terhitung sejak invoice diterima.

  9. 1.9.

    “Harga Paket” berarti nilai jual atas suatu Paket.

  10. 1.10.

    “Layanan” berarti informasi, layanan dan/atau fungsi yang disediakan di dalam Platform;

  11. 1.11.

    “Tempat Pengiriman” berarti tempat pengiriman Paket sebagaimana dicantumkan oleh Pengguna dalam pemesanan Transporter melalui APIkurir.

  12. 1.12.

    “Ketentuan Lain” berarti ketentuan Kebijakan Privasi, yang merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari T&C ini.

  13. 1.13.

    “Hari Kerja” berarti hari dalam 1 (satu) minggu kalender dimana orang bekerja, di luar hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

  14. 1.14.

    “Paket” atau Barang berarti barang yang akan dikirim oleh Pengirim, baik dalam bentuk container, paket, atau bungkusan.

  15. 1.15.

    “Akun” berarti akun Anda yang terdaftar pada Platform, yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi di Platform;

  16. 1.16.

    “OTP” atau One Time Passwod berarti kode verifikasi sekali pakai yang terdiri dari beberapa digit angka unik. OTP dikirimkan melalui SMS, e-mail atau missed call dan hanya berlaku untuk jangka waktu yang pendek.


  1. 2. Penggunaan Platform


Syarat dan Ketentuan (T&C) yang diterapkan oleh kami adalah perjanjian utama antara Anda dan kami terkait penggunaan Platform. Setiap pengabaian atau perubahan pada satu atau lebih T&C atau Ketentuan Lain hanya berlaku jika ditulis secara resmi dan ditandatangani oleh pihak yang berwenang untuk mewakili Anda dan kami.


  1. 2.1.

    Pengunduhan dan penggunaan Platform APIkurir tidak dikenakan biaya. Tidak ada biaya pendaftaran yang akan dikenakan oleh APIkurir.

  2. 2.2.

    Pengguna dapat mendaftar melalui Website dan/atau Aplikasi APIkurir.

  3. 2.3.

    Pengguna wajib secara lengkap mengisi serta menyediakan data yang diperlukan dan mengunggah dokumen - dokumen yang diperlukan ketika melakukan pendaftaran di platform Kami. Pengguna memberikan jaminan bahwa semua data pribadi dan informasi yang disampaikan kepada APIkurir, termasuk namun tidak terbatas pada nomor telepon dan alamat, adalah akurat dan benar

  4. 2.4.

    APIkurir akan melakukan verifikasi terhadap Pengguna yang telah mendaftarkan diri di Platform melalui kode OTP.

  5. 2.5.

    Pengguna dapat membuat permintaan pengiriman (“Order Pengiriman”) melalui Layanan APIkurir.


  1. 3. Larangan


Dalam menggunakan Platform ini, Anda, baik disengaja maupun tidak disengaja, dilarang untuk


  1. 3.1.

    Melakukan pelanggaran terhadap hak - hak pihak lain, termasuk hak atas kekayaan intelektual Kami atau pihak lainnya;

  2. 3.2.

    Menyamar atau mengklaim sebagai orang atau entitas lain, memberikan identitas atau informasi yang salah, palsu, atau tidak benar;

  3. 3.3.

    Menyebarkan konten yang bersifat ofensif, melecehkan, melanggar etika, atau mengganggu ketertiban umum;

  4. 3.4.

    Mengganggu pengguna lain dan para pengirim barang;

  5. 3.5.

    Menyalahgunakan Platform ini untuk tujuan yang melanggar hukum;

  6. 3.6.

    Mengirimkan virus atau materi berbahaya lainnya ke dalam atau melalui Platform dalam bentuk apapun termasuk namun tidak terbatas pada trojan horse, worm atau logic bomb;

  7. 3.7.

    Mengirimkan atau memasukkan materi atau teknologi berbahaya ke dalam atau melalui Platform;

  8. 3.8.

    Mencoba untuk mengakses sistem atau jaringan yang terhubung dengan Layanan dan Platform tanpa izin;

  9. 3.9.

    Mencoba mempengaruhi kinerja atau fungsi Platform atau perangkat lain yang terhubung ke Platform;

  10. 3.10.

    Mengganggu atau melakukan tindakan lain yang merugikan kinerja Platform, server Platform, atau hosting milik Platform;

  11. 3.11.

    Merusak data pada Platform;


Setiap pelanggaran terhadap T&C ini merupakan pelanggaran terhadap hukum dan peraturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Jika terjadi pelanggaran, Kami akan mengambil tindakan hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


  1. 4.Pemesanan Transporter


  1. 4.1.

    Setiap pemesanan Order Pengiriman yang dilakukan oleh Pengguna akan didaftarkan melalui Platform.

  2. 4.2.

    Pengguna dapat membatalkan Order Pengiriman ketika order belum diterima oleh Transporter. Apabila Order Pengiriman sudah diterima oleh Transporter, APIkurir akan memberitahu Pengguna melalui Platform bahwa Order Pengiriman sudah diterima.

  3. 4.3.

    Pengguna harus melakukan pembayaran Invoice dalam waktu 3 x 24 jam setelah menerima invoice. Jika pembayaran tidak dilakukan dalam batas waktu yang ditentukan, maka Order Pengiriman akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem.

  4. 4.4.

    Pengguna harus memastikan bahwa barang-barang yang akan dikirim tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku di Indonesia, seperti barang ilegal, berbahaya, atau terlarang.

  5. 4.5.

    Sebelum pengiriman dilakukan, Pengguna harus memberitahu Kami setiap tindakan pencegahan yang harus diterapkan dalam menangani muatan sesuai dengan jenisnya.

  6. 4.6.

    Pengguna bertanggung jawab atas semua kewajiban yang timbul akibat barang-barang yang dikirim, termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan barang, cedera, atau kematian.

  7. 4.7.

    Pemesanan Transporter untuk tujuan kejahatan, penipuan, atau penyalahgunaan promo/kupon/cashback akan diberikan sanksi yang sesuai dengan kebijakan yang berlaku, mulai dari pemblokiran akun, pemotongan refund, pelaporan ke pihak berwajib, dan tindakan lainnya sesuai dengan keputusan manajemen.


  1. 5. Ketentuan Pengiriman


  1. 5.1.

    Layanan Pengiriman dapat dipilih melalui kantor pengiriman Ekspedisi terkait atau dengan mengatur penjemputan di lokasi Pengirim pada Hari Kalender, dengan tetap mematuhi jam operasional kantor dan agen pengiriman APIkurir.

  2. 5.2.

    APIkurir memiliki hak untuk mengangkut dokumen dan/atau barang yang akan dikirim melalui jalur, metode, prosedur dan jaringan agen yang dimiliki oleh APIkurir.

  3. 5.3.

    APIkurir dan Transporter berhak melakukan hal-hal berikut:

    1. 5.3.1

      Memeriksa kesesuaian isi Kiriman dengan informasi yang diberikan oleh Pengirim mengenai isi Kiriman.

    2. 5.3.2

      Melakukan inspeksi dan menilai kelayakan kemasan Kiriman.

    3. 5.3.3

      Menolak Kiriman yang dianggap tidak memenuhi standar kemasan yang ditetapkan oleh APIkurir dan peraturan yang berlaku.

    4. 5.3.4

      Menolak Kiriman yang tidak sesuai secara fisik dengan pernyataan isi Kiriman.

    5. 5.3.5

      Menolak Kiriman yang berat fisiknya tidak sesuai dengan pernyataan yang diberikan.

  4. 5.4.

    Biaya pengiriman Produk Pesanan ditanggung oleh Pengguna sesuai dengan perhitungan yang diberikan pada saat pemesanan. Perhitungan biaya pengiriman akan disesuaikan berdasarkan kriteria berikut:

    1. 5.4.1

      Jenis : Beberapa Produk tertentu akan dikirimkan melalui jasa transportasi yang sesuai dengan standar peraturan pengiriman barang yang berlaku.

    2. 5.4.2

      Berat/dimensi : Biaya pengiriman akan didasarkan pada berat aktual atau dimensi Kiriman (setelah dikonversi menjadi satuan berat sesuai perhitungan standar yang berlaku), dengan mengambil angka tertinggi.

    3. 5.4.3

      Asuransi : Produk yang dipesan melalui Platform akan memiliki opsi asuransi untuk memastikan keselamatan pengiriman produk, dan biaya asuransi akan diterapkan.

    4. 5.4.4

      Wilayah pengiriman : Harga pengiriman akan disesuaikan berdasarkan asal lokasi pengiriman Produk dan tujuan penerimaan Produk.

    5. 5.4.5

      Jenis layanan pengiriman yang dipilih : Harga dan jangka waktu pengiriman akan disesuaikan dengan layanan yang dipilih oleh Pelanggan.

  5. 5.5.

    Pengguna wajib memastikan bahwa informasi mengenai jenis, berat/dimensi, wilayah pengiriman, dan jenis layanan pengiriman yang dipilih adalah benar. Apabila Pengguna memberikan informasi yang salah yang mengakibatkan biaya pengiriman lebih tinggi, Pengguna akan bertanggung jawab atas selisih pembayaran tersebut.

  6. 5.6.

    Pengguna dilarang untuk mengirim barang - barang sebagai berikut:

    1. 5.6.1

      Barang berbahaya yang mudah meledak atau terbakar, obat - obatan terlarang, minuman keras, dan/atau barang - barang yang menurut hukum dilarang untuk diproduksi dan diedarkan.

    2. 5.6.2

      Binatang hidup dan tumbuhan hidup, termasuk namun tidak terbatas pada hasil olahan binatang dan tumbuhan yang dilindungi, dan bagian - bagian dari hewan langka yang telah mati atau diawetkan.

    3. 5.6.3

      Barang - barang ilegal termasuk namun tidak terbatas pada organ tubuh manusia, barang - barang curian, peralatan judi, senjata api, senjata tajam, dan airsoft gun.

    4. 5.6.4

      Uang tunai dan surat atau dokumen berharga lainnya termasuk namun tidak terbatas pada cek, buku nikah asli, paspor, ijazah asli, dokumen tender, giro, efek, obligasi,saham, sertifikat, tiket pesawat, kartu kredit, dan BPKB asli.

    5. 5.6.5

      Barang berbahaya seperti senjata api, cairan kimia yang berbahaya, dan bahan yang mudah terbakar dan meledak.

    6. 5.6.6

      Jenazah dan abu jenazah.


  1. 6. Tanggung Jawab


Kami tidak bertanggung jawab atas hal-hal berikut ini dalam bentuk apapun:


  1. 6.1.

    Kiriman yang tidak sesuai dengan pernyataan dan/atau informasi yang disampaikan oleh Pengirim, termasuk jenis barang yang dilarang.

  2. 6.2.

    Kerusakan, Kehilangan atau cacat pada Paket yang diterima, serta kerusakan atau ketidakberfungsian Produk Pesanan akibat penggunaan oleh Penerima maupun Pengirim yang tidak sesuai dengan pedoman penggunaan. Kami berhak untuk melarang atau membatasi pemesanan berikutnya yang dilakukan oleh Pengguna jika ada pelanggaran kewajiban oleh Pengguna dalam pemesanan sebelumnya berdasarkan T&C;

  3. 6.3.

    Kerusakan atau kehilangan paket yang disebabkan oleh kekurangan material dalam pengemasan barang yang dilakukan oleh Pengirim;

  4. 6.4.

    Keterlambatan, kerugian, kerusakan dan biaya yang timbul akibat kelalaian dan kesalahan Pengirim dalam memenuhi kewajiban – kewajiban yang disebutkan di atas.

  5. 6.5.

    Kesalahan Pengguna dalam memberikan informasi mengenai jenis, berat/dimensi, wilayah pengiriman, dan jenis layanan pengiriman. Jika pengguna menyampaikan informasi yang salah dalam proses Order Pengiriman yang mengakibatkan biaya pengiriman yang lebih tinggi, maka selisih pembayaran akan menjadi tanggung jawab Pengguna.

  6. 6.6.

    Keadaan Kahar, atau force majeure, yang mencakup segala kondisi di luar kendali Kami, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, erupsi gunung berapi, angin topan, badai, gempa bumi, atau petir, pemberontakan, kerusuhan, perang (baik yang diumumkan atau tidak), tindakan militer, kebakaran, embargo, pemogokan, sabotase, gangguan pasokan listrik, gangguan dalam jaringan telekomunikasi, serta tindakan atau keputusan yang dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang yang dapat secara langsung menghambat, menghalangi atau menunda pelaksanaan kewajiban dalam Perjanjian ini.


  1. 7. Asuransi dan Kompensasi


  1. 7.1.

    APIkurir memberikan opsi kepada Pengguna untuk memilih apakah akan menggunakan layanan asuransi pengiriman dari Transporter dan/atau mitra asuransi APIkurir.

  2. 7.2.

    Klaim asuransi akan ditujukan kepada penyedia asuransi, baik itu Transporter atau mitra asuransi APIkurir.

  3. 7.3.

    Pengajuan klaim harus sesuai dengan semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh APIkurir termasuk persyaratan dokumen yang diperlukan dalam proses pengajuan klaim.

  4. 7.4.

    Untuk ketentuan klaim kondisi paket atau barang Pengirim diwajibkan mendokumentasikan kondisi paket atau barang perihal konfirmasi bahwa paket atau barang yang dikirimkan dalam kondisi baik/aman.

  5. 7.5.

    Untuk ketentuan klaim kondisi paket atau barang Penerima, Penerima diwajibkan untuk mendokumentasikan kondisi paket atau barang perihal konfirmasi bahwa paket atau barang yang diterima dalam kondisi bermasalah.

  6. 7.6.

    Pengajuan klaim harus dilakukan dalam batas waktu maksimum 3 (tiga) Hari Kalender, mulai dari tanggal seharusnya Kiriman diterima.

  7. 7.7.

    Klaim yang diajukan setelah melewati batas waktu 3 (tiga) Hari Kalender sejak Kiriman seharusnya diterima tidak akan diproses.


  1. 8. Ganti Rugi


  1. 8.1.

    Klaim, teguran, tuntutan dan gugatan dari pihak manapun dalam bentuk apapun;

  2. 8.2.

    Kewajiban, kerusakan, pengeluaran, dan biaya apa pun yang timbul atau kami alami, baik yang terkait dengan atau sebagai akibat dari penyalahgunaan Platform oleh Pengguna atau pelanggaran Pengguna terhadap Syarat dan Ketentuan ini, Ketentuan Lain, serta peraturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku dalam kaitannya dengan penggunaan Platform ini.

  3. 8.3.

    Penjual tidak akan melibatkan, dan harus melakukan upaya untuk mencegah keterlibatan atau partisipasi Orderfaz, baik secara langsung atau tidak langsung dan dengan cara apapun, pada setiap proses, penyelidikan, inspeksi, investigasi, Litigasi atau pelanggaran terkait atau tindakan pidana suap, korupsi atau pencucian uang dilakukan atau melibatkan pejabat, direktur, wali, pemegang saham, kekuasaan, dan perwakilan.


  1. 9. Pengaduan Manajemen


  1. 9.1.

    Kami akan memenuhi kewajiban sesuai dengan persyaratan yang tercantum dalam T&C ini serta dalam Ketentuan Lain.

  2. 9.2.

    Kami sangat mengutamakan kepuasan Pengguna. Pengguna dapat menghubungi Kami kapan saja melalui alamat email yang tertera di dalam Platform. Kami akan berupaya dengan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan keluhan Pengguna yang berkaitan dengan penggunaan Platform, dan Kami akan menghubungi Pengguna untuk memeriksa keluhan tersebut.

  3. 9.3.

    Pengguna memahami dan menyadari bahwa email yang Pengguna kirimkan kepada Kami bisa tertahan oleh filter spam, tidak terkirim ke dalam inbox Kami, atau Anda mungkin tidak dapat menerima korespondensi yang Kami kirimkan. Jika dalam waktu 3 (tiga) Hari Kerja setelah mengirimkan email keluhan Anda, Anda belum menerima tanggapan dari Kami, Anda dapat menghubungi Kami kembali.


  1. 10. Perlindungan Data Pribadi

Harap periksa Kebijakan Privasi Kami yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari T&C ini.


  1. 11. Hak Atas Kekayaan Intelektual


  1. 11.1.

    Seluruh konten, materi, data, deskripsi, gambar, dan informasi yang tersedia di dalam Platform, termasuk namun tidak terbatas pada teks, grafik, logo, tombol ikon, gambar, klip audio, unduhan digital, judul kampanye, dan kompilasi data Kami, adalah kepemilikan eksklusif Kami atau Kami telah memperoleh hak dari pemilik hak atau pemegang lisensi yang dilindungi oleh hukum yang berlaku. Anda dilarang secara tegas untuk melakukan publikasi, manipulasi, distribusi, penggandaan, penyebarluasan, atau reproduksi dalam bentuk atau format apa pun dari satu atau lebih konten, materi, data, deskripsi, gambar, atau informasi yang ditampilkan di dalam Platform (termasuk Informasi Produk), baik itu untuk tujuan bisnis Anda atau untuk kolaborasi dengan pihak lain.

  2. 11.2.

    Semua grafis, logo, judul halaman, ikon tombol, teks, dan nama layanan yang terdapat di dalam Platform adalah merek dagang yang dimiliki oleh Kami atau pemegang lisensi, dan dilindungi oleh hukum hak cipta yang berlaku di Indonesia dan yurisdiksi lainnya. Penggunaan merek dagang APIkurir dalam kaitannya dengan produk yang tidak tersedia di dalam Platform, yang dapat menyebabkan kebingungan di kalangan publik atau pelanggan, atau yang merendahkan atau mencemarkan reputasi Kami atau Platform, dilarang dengan tegas. Semua merek dagang atau hak kekayaan intelektual lainnya yang bukan milik Kami yang muncul di dalam Platform adalah hak milik pemilik masing-masing.

  3. 11.3.

    Anda tidak boleh menggunakan bagian apa pun dari Platform Kami atau sebagian atau seluruh konten, materi, data, deskripsi, gambar, atau informasi yang terdapat di dalam Platform untuk tujuan apa pun, termasuk namun tidak terbatas pada tujuan komersial, tanpa mendapatkan lisensi langsung, resmi, dan tertulis dari Kami atau pemegang lisensi yang bersangkutan. Jika pelanggaran hak kekayaan intelektual terdeteksi, Kami berhak mengambil tindakan hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

  4. 11.4.

    Jika Anda mencetak, menyalin, atau mengunduh bagian apa pun dari Platform Kami yang melanggar satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini, hak Anda untuk menggunakan Platform dapat dihentikan tanpa pemberitahuan sebelumnya, tanpa memerlukan izin dari Anda. Selain itu, Anda diwajibkan, sesuai kebijakan atau keputusan Kami, mengembalikan atau menghapus semua salinan konten, materi, data, deskripsi, gambar, atau informasi yang telah Anda buat, akses, atau miliki. Anda tidak diizinkan untuk mengubah, menerjemahkan, menguraikan, membongkar, atau membuat karya turunan dari perangkat lunak atau dokumentasi yang disediakan oleh Kami atau pemegang lisensi yang bersangkutan.


  1. 12. Link


  1. 12.1.

    Anda dilarang untuk membuat link yang menunjukkan hubungan, persetujuan, atau dukungan dari pihak Kami tanpa izin tertulis dari Kami.

  2. 12.2.

    Anda tidak diperkenankan untuk membuat link dari setiap bagian di Platform yang tidak dimiliki oleh Anda.

  3. 12.3.

    Platform dapat menyediakan tautan ke situs pihak ketiga yang berbeda dari Platform ini dan tidak terkait dengan APIkurir. Situs-situs tersebut berada di luar kendali APIkurir, oleh karena itu, Anda mengakui dan menyetujui bahwa APIkurir dapat mengungkapkan data Anda kepada pihak ketiga, dan akan ada komunikasi antara APIkurir dan pihak ketiga dalam hal ini. Anda dengan ini melepaskan dan mengganti rugi APIkurir dari segala kerugian dan kerusakan yang terkait dengan masalah ini. Selain itu, Anda setuju bahwa APIkurir tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan pernyataan atau jaminan hukum, keamanan, akurasi, transaksi, aspek teknis, operasional, komersial, administratif, atau kebenaran mengenai semua konten, data, materi, informasi, aktivitas, layanan, konsekuensi, dan risiko yang terkait dengan situs pihak ketiga, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda.


  1. 13. Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa

Ketentuan dan persyaratan dalam T&C, beserta semua kewajiban kontraktual yang muncul dari atau terkait dengan T&C dan Ketentuan Lain, akan diatur dan diinterpretasikan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Apabila terjadi perselisihan terkait dengan T&C, Ketentuan Lain, atau hubungan kontraktual lainnya, baik pihak Kami maupun Anda menyetujui untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui jalur hukum, yaitu melalui Pengadilan.


  1. 14. Perubahan

Kami berhak untuk mengupdate T&C ini kapan saja dengan cara mengumumkannya di Platform. Dengan ini Anda menyetujui kewajiban untuk secara berkala memeriksa dan membaca perubahan yang mungkin ada dalam T&C. Jika Anda tidak setuju, tidak menyetujui, atau menganggap tidak cocok dengan perubahan tersebut, Anda diminta untuk segera menghentikan penggunaan dan akses Anda ke Platform, serta menonaktifkan Akun Anda. Jika Anda tidak melakukan langkah-langkah tersebut, itu akan dianggap sebagai persetujuan dan penerimaan Anda terhadap perubahan-perubahan dalam T&C ini. Setiap kali Anda melakukan pemesanan melalui Platform, Anda menegaskan bahwa Anda melakukannya dan tunduk pada T&C yang berlaku pada saat itu. Anda memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk membaca, meninjau, dan memahami T&C yang paling baru setiap kali Anda melakukan pemesanan Order Pengiriman.


  1. 15. Ketentuan Lainnya

Jika ada ketentuan dalam T&C ini yang dianggap dilarang atau tidak dapat diterapkan di suatu yurisdiksi tertentu, hal tersebut tidak akan membatalkan ketentuan lain yang masih berlaku atau memengaruhi validitas atau penerapan ketentuan yang disebutkan di atas dalam hubungannya dengan yurisdiksi lain atau pihak lainnya. Semua pengecualian atau pengecualian dari ketentuan apapun dalam T&C dan/atau ketentuan lainnya, atau perubahan atau ketentuan khusus yang berlaku bagi Pengguna, harus disetujui oleh APIkurir dan Pengguna melalui dokumen tambahan atau amandemen yang disetujui secara tertulis atau perubahan resmi yang mengikat bagi Pengguna, dan ini akan menjadi bagian integral dan tidak dapat dipisahkan dari T&C ini.


T&C ini telah diperbarui pada tanggal 18 September 2023.